10 Tokoh Ikonik Dalam Perfilman Indonesia

  Memang dunia perfilman tak ada habis-habisnya melahirkan atau membuat sensasi sehingga masyarakat sebagai penikmatnya pun selalu terhibur dengan adanya sensasi tersebut. Begitupun yang terjadi dalam perfilman indonesia. Perfilman indonesia juga terus menghadirkan sensasi yang tidak habis-habisnya, dari penokohan para bintang filmnya, cerita dari filmnya, dan genre dari filmnya. Mungkin jika, cerita dan genre film yang bagus sudah menjadi hal yang lazim dinikmati oleh para masyarakat indonesia. Tetapi, genre dan cerita yang bagus pun akan menjadi sangat baik, jika dimainkan oleh para bintang film yang mempunyai tokoh ikonik terhadap karakter yang ia perankan. Tak kalah dengan holywood, indonesia pun ternyata bisa melahirkan tokoh-tokoh yang sangat ikonik dalam perfilman indonesia. Berikut adalah 10 tokoh ikonik dalam perfilman indonesia:

1. Benyamin Sueb (Alm)
Benyamin Sueb (Alm) merupakan aktor, pelawak dan penyanyi yang identik dengan ada betawinya. Perannya menjadi Tarzan, Samson dan lain-lain menjadi sangat fenomenal. Karena, beliau selalu membawa adat betawi dalam bermain filmnya. Oleh karena itu, beliau sangat menjadi tokoh yang tidak bisa dilupakan oleh masyarakat indonesia, terutama masyarakat betawi.

2. Kabayan versi Kang Ibing (Alm)
Kang ibing mempunyai nama asli Raden Aang Kusmayatna Kusiyana Samba Kurnia Kusumadinata ini adalah tokoh ikonik pertama dalam perfilman indonesia. Karena perannya yang menjadi kabayan dalam film Si Kabayan pada tahun 1975 ini beliau menjadi tokoh yang paling diingat oleh para masyarakat indonesia, khususnya masyarakat Jawa Barat.

3. Emon, Joe, dan Kabayan 
Didi Petet (Alm) merupakan aktor yang sangat potensial. Perannya yang pernah menjadi aktor emon dalam film catatan harian si boy menjadi sangat fenomenal. Karena, pada saat itu, beliau menjadi tokoh yang sangat ikonik, begitupun dengan peran joe, di film namaku joe, joe turun ke desa, dan perannya menjadi kabayan. Walaupun sudah meninggal, beliau telah mempunyai ciri khas yang sangat kental pada dirinya. Oleh karena itu, beliau dapat dikatakan sebagai tokoh yang paling ikonik dalam perfilman indonesia.

4. Suzanna (Ikonik dalam genre film horor)
Suzanna (Alm) merupakan aktris yang terkenal pada tahun 80-an sampai 90-an. Beliau merupakan aktris yang sangat kental dengan hal-hal yang berbau ghaib. Perannya yang sering menjadi mahluk ghaib pun menjadi sangat fenomenal pada waktu itu. Pada saat menjadi suketi dalam film Malam Satu Suro bisa dikatakan peran yang sangat melekat pada dirinya. Oleh karena itu, beliau merupakan salah satu aktris yang identik dengan film horor.

5. Boy
Catatan Si Boy merupakan film yang dirilis pada tahun 1987. Pada saat itu, tokoh si boy diperankan oleh Ongky Alexander. Boy yang mempunyai tampang yang sangat tampan, cool dan selalu di sukai oleh kaum hawa ini benar-benar menjadi tokoh yang sangat ikonik di mata masyarakat indonesia. Sampai saat ini pun bisa dikatakan tokoh si boy selalu menjadi tokoh yang ikonik di mata masyarakat indonesia.

6. Lupus
Lupus merupakan tokoh yang diperankan oleh Ryan Hidayat (Alm). Lupus identik dengan tokoh laki-laki yang selalu memakan permen karet dimulutnya. Lupus juga mempunyai karakter yang jahil dan rambut yang berjambul. Tokoh lupus pun sampai sekarang menjadi tokoh yang ikonik di mata masyarakat indonesia.

7. Si Doel
Si Doel anak betawi merupakan film yang di rilis pada tahun 1973, tokoh si doel mempunyai karakter yang pendiam, baik, dan soleh. Rano Karno adalah pemeran utama dalam film tersebut. Si doel pun mempunyai tokoh yang sangat ikonik di perfilman indonesia, karena di film ini juga Benyamin Sueb (Alm) pernah menjadi bagian dalam sinetron Si Doel anak sekolahan. Oleh karena itu, tokoh si doel tidak akan terlupakan di benak masyarakat indonesia.
8. Rangga dan Cinta
AADC merupakan film yang tayang pada tahun 2002 dan diperankan oleh Nicholas Saputra dan Dian Sastro. Nicho yang berperan sebagai Rangga mempunyai karakter yang dingin dan jutek. Berbeda dengan Cinta yang sangat ceria. Dua ikon ini dalam film AADC akan kembali di rilis pada bulan ini. Oleh karena itu, tokoh Rangga dan Cinta dapat dikatakan sebagai tokoh yang ikonik dalam perfilman indonesia.

9. Habiebie
Habiebie dan Ainun merupakan film yang tayang pada tahun 2012 ini ternyata membawa aktor yang sangat kental dengan tokoh Habiebie. Yaitu aktor Reza Rahadian. Reza memang saat memerankan menjadi habiebie dalam film tersebut sangat mirip dengan tokoh yang aslinya. Entah bagaimana cara reza memerankan tokoh habiebie dalam film tersebut. Reza pun sempat mendapat penghargaan menjadi aktor pria terfavorit setelah memerankan menjadi habiebie di film tersebut. Oleh karena itu, tokoh habiebie pun sangat melekat pada dirinya.

10. Bejo
Bejo merupakan tokoh yang diperankan oleh Alex Abbad pada film The Raid 2. Pada film ini, aad berperan sebagai mafia yang sangat licik, memakai tongkat, kacamata, dan kakinya agak sedikit pincang. Memang tokoh bejo tidak begitu terkenal seperti yang sudah dibahas pada peringkat-peringkat sebelumnya. Tetapi, tokoh bejo pun melekat pada diri alex abbad. Oleh karena itu, bejo pun termasuk tokoh ikonik dalam perfilman indonesia.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kelebihan Dan Kekurangan Genre Film Action

Resensi Film Deadpool

Resensi Film The Revenant